Pada biasanya media merupakan perlengkapan yang digunakan buat menyalurkan pesan ataupun data dari pengirim kepada penerima pesan. Pengirim pesan serta penerima pesan bisa berbentuk orang ataupun lembaga, sebaliknya media tersebut bisa berbentuk perlengkapan elektronik ataupun nonelektronik, semacam papan tulis, overhead projector, flip chart, video, film strip, LCD- projector, obyek 3 ukuran, novel bacaan ataupun materi, program pc, Serta sebagainya
Dalam ranah pembelajaran, media mempunyai banyak guna tidak hanya mengantarkan suatu pesan ataupun data. Spesialnya media elektronik dalam proses aktivitas belajar mengajar. Mengingat pertumbuhan era yang sangat pesat beriringan dengan meningkatnya Ilmu Pengetahuan Teknologi( Iptek). Alangkah baiknya tenaga didik ataupun partisipan didik menggunakan teknologi sebaik bisa jadi, dimana teknologi itu sendiri mempunyai peranan berarti dalam proses pendidikan. Ada pula pemakaian media elektronik mempunyai peranan berarti dalam pendidikan yang sudah di rangkum dari gastronoid:
Tingkatkan Mutu Belajar
Media yang disusun dengan dorongan fitur elektronik bisa mengantarkan data yang bisa didengar( audio) serta bisa dilihat( visual), sehingga proses pendidikan jauh lebih menarik serta tidak membosankan. Siswa yang cuma mencermati pelajaran saja bisa jadi telah bisa menerima serta menguasai modul pelajarannya dengan baik, namun apabila uraian itu diperkaya dengan aktivitas memandang, mendengar dengan suara, memegang serta merasakan, ataupun hadapi langsung lewat media pendidikan, uraian mereka terhadap isi pelajaran tentu hendak lebih baik lagi.
Pendidikan Jadi Lebih Interaktif
Penyampaian modul bisa diseragamkan, lewat dorongan media, uraian yang
bermacam- macam ini bisa di informasikan kepada siswa secara seragam. Media yang dirancang serta diseleksi dengan pas, bisa menolong guru serta siswa melaksanakan komunikasi 2 arah secara aktif.
Mengirit Waktu
Lama waktu pengajaran yang dibutuhkan bisa dipersingkat, sebab mayoritas media cuma membutuhkan waktu yang lebih sedikit buat membawakan pesan- pesan serta isi pelajaran dalam jumlah banyak serta kemungkinannya lebih bisa diserap oleh siswa;
Proses Pendidikan Fleksibel
Lewat media elektronik proses belajar bisa terjalin di mana saja serta kapan saja mereka ingin, tanpa bergantung pada keberadaan seseorang guru maupun dapat secara daring. Di era saat ini ini telah banyak aplikasi- aplikasi yang bisa menolong proses pembelejaran.
Pendidikan Lebih Produktif
Kedudukan guru bisa berganti ke arah yang lebih positif serta produktif. Guru tidak butuh mengulang- ulang uraian kepada para siswanya sebab mengunakan media. Guru bisa memusatkan atensi kepada aspek berarti lain dalam proses belajar mengajar, misalnya membangkitkan motivasi siswa.
Dalam mewujudkan cita- cita mulia pembelajaran diera global ini, guru paling utama wajib sanggup memahami teknologi komunikasi serta data serta menjadikannya jadi media pendidikan yang kreatif selaku fasilitas utama dalam proses pembelajaran serta pengajarannya. Pasti fasilitas utama itu harus dilandasi dengan perilaku, pengetahuan serta keahlian. Buat mewujudkan partisipan didik yang pintar berstandar global baik pengetahuan, perilaku serta keterampilannya, hingga gurupun tidak hanya pintar pula wajib kreatif dalam proses pembelajarannya.