Port Usb Tidak Berfungsi

Slot USB sebenarnya adalah bukaan yang perlu ada di semua unit komputer atau laptop. Fungsinya sebenarnya untuk menempelkan alat luar ke dalam sistem komputer atau komputer laptop. Perangkat eksterior memiliki fitur mouse, flash drive, hard drive, kartu sd, kabel data, dan banyak lagi.

Port Usb Tidak Berfungsi

Seringkali di antara slot USB tidak berfungsi dengan benar. Biasanya Anda mengalami reaksi berlebihan dan langsung mengonfirmasi bahwa perangkat luar Anda rusak termasuk flash disk melainkan pada slot USB yang ternyata tidak berfungsi dengan baik. Dalam artikel singkat ini, para ahli kami pasti akan memberikan beberapa detail mengenai port USB yang tidak berfungsi dengan baik.

Restart

Teknik pertama yang mungkin dapat Anda lakukan ketika slot USB tidak berfungsi adalah dengan me-restart sistem komputer Anda atau bahkan komputer laptop. Ini adalah metode usang yang dapat beroperasi jika Anda mencobanya.

Dengan me-reboot perangkat, semua sistem pada aplikasi perangkat lunak maupun perangkat keras akan berfungsi lebih baik lagi karena kondisi komputer laptop atau sistem komputer yang bersih. Jika strategi pertama ini tidak berhasil, coba rencana berikutnya.

Cek pengaturan Bios

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba teknik kedua lagi, yaitu dengan mengubah pengaturan port USB di Bios . Tindakannya seperti di bawah ini.

Tekan tombol Delete/F2 pada keyboard. Tekan secara teratur sebelum metode boot dimulai.

Jika sudah masuk ke menu BIOS, masuk ke pilihan Control.

Di bagian USB Port, cari pengaturan seperti ‘Enable’ selection, klik selection.

Cek Anti-virus

Port USB yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat dibuat karena laptop atau komputer pribadi Anda terinfeksi infeksi. Virus mungkin menyerang port USB sehingga tidak dapat dengan mudah menempelkan gadget luar ke sistem komputer atau bahkan laptop.

Lihat File Manajer

Jika cara ke-3 tidak berfungsi lagi, sebenarnya bisa dipastikan bahwa yang terkena infeksi sebenarnya bukan notebook atau komputer, tetapi driver USB. Yang pasti, coba lakukan langkah-langkah mengamati.

  • Kunjungi area Tool Supervisor di komputer Anda.
  • Coba Cari Operator Universal Serial Bus, klik benar.
  • Pilih Telusuri untuk Modifikasi Peralatan.
  • Nyalakan ulang komputer pribadi Anda.

Hapus Instalasi USB di File Manager

Anda dapat menggunakan prosedur kelima ini jika pendekatan keempat tidak berfungsi. Lakukan prosedur uninstall operator USB di Gadget Supervisor pada teknik selanjutnya.

  • Buka area Gadget Supervisor di komputer pribadi Anda.
  • Cari Universal Serial Bus Operator, klik untuk memilihnya.
  • Pada menu pasti akan muncul USB Controller, klik terbaik.
  • Pilih hapus instalan Pengontrol USB
  • Mulai ulang sistem komputer Anda. Komputer akan segera menginstal ulang dan juga mencoba merasakan peralatan sekali lagi.

Cabut Sumber Daya Listrik

Untuk memastikan bukan energi port USB yang sebenarnya menjadi masalah utama, Anda dapat dengan mudah memeriksanya dengan melakukan ini.

  • Cabut catu daya yang terhubung ke notebook Anda.
  • Lakukan restart serta sambungkan kembali USB ke pc laptop.
  • Colokkan kembali catu daya listrik ke laptop dan lihat juga apakah port USB berfungsi atau tidak.

Cabut semua yang terhubung ke slot USB

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan jika cara-cara sebelumnya sudah pasti tidak berfungsi juga adalah dengan mencopot baterai listrik dan apa saja yang terhubung langsung ke slot USB.

Jika semua cara diatas belum berhasil membuat job slot USB laptop anda kembali berfungsi, bisa jadi port USB tersebut rusak dan juga tidak bisa digunakan kembali.